Minggu, 08 April 2012

about being married

Mau ngebahas materi yang disampaikan mahaguru @finfinsirip ketika mentoring, sabtu lalu.

Jadi apa yang kami bahas sabtu lalu adalah tentang pernikahan. yeah as always, I think. Sebenarnya apapun yang kami bahas ketika mentoring, such as : akidah, iman, ukhuwah, ujung2nya ya tetep : jodoh dan nikah. This is so natural since we are at dewasa muda stage, and our development task is LOVE.

ARE YOU READY TO GET MARRIED?

Begitulah kira2 headline untuk mentoring minggu ini. Right before being married, actually we must have great preparation. Nah preparation ini meliputi Kesiapan dan Persiapan menikah. Yuk ahh kita coba kupas satu persatu mengenai kesiapan dan persiapan menikah ini and we'll see, am i ready enough to get married

- Kesiapan Menikah
Parameter kesiapan nikah ini hanya satu, yaitu : Ba'ah atau kesiapan biologis. Orang2 dianggap siap untuk menikah ketika sudah mampu secara bilogis dalam melakukan hubungan seksual (yaah, semacam balig kali ya). Namun, pendapat lainnya mengatakan bahwa definisi ba'ah tidak sesempit itu. Mereka menambahkan kesiapan dalam memberi mahar dan nafkah ke dalam ba'ah ini. yah, to sum it up, suatu individu sudah siap menikah jika ia sudah balig (siap secara biologis) dan mampu dalam memberi mahar serta nafkah (mampu atau berusaha untuk mampu secara material)
  
Talking about married, it's not as simple as, well, Im ready to be your wife, but, hey, how far are you prepared this marriage thingy ? #jleb. Nah, ini ada lima persiapan yang benar2 harus dipersiapkan sebelum menikah.

- Persiapan Menikah 

 1. Ruhiyah : iman, akidah, tauhid. Udah bener solat wajibnya? Gimana dengan solat sunahnya? Masih suka centil gak?Ngaji ngaji rutin gak? Pokoknya semua yang berkaitan dengan keimanan.

--20%--

2.  Fikriyah (ilmu) : udh pernah baca buku tentang pernikahan belom? udh seberapa banyak ilmu tentang pernikahan yang kamu fahami? udah tahu hak dan kewajiban sebagai istri ?alo hak dan kewajiban suami ? udah baca fiqih pernikahan? udah faham cara ngurus anak ?

--35%--

3. Jasadiyah : berhubungan dengan fisik. Sejauh mana kamu menjaga badan dan kesehatan.

--50%--

4. Material :Udah mikirin nanti mau jadi wanita karir atau IRT? yang biayain anak sekolah sapa? yang beli rumah sapa? yang beli berlian sapa ? tabungan masa depan udah buat belom?

--10%--

5. Ijti'mayah : maksudnya adalah siap bermasyarakat. nantinya, ketika kita sudah menikah, tidak ada lagi embel2 orang tua kita. Yang ada hanyalah: si cipi, istrinya pak yoyo, jadilah dipanggil ibu yoyo (wakakakak~). Nah apakah kamu sudah siap untuk menyapa tetangga, bergaul dalam masyarakat?

--30%--


Beuuuh, nikah ternyata ga segampang itu yaa? Persentase persiapan aku aja almost under 50 %. hmmm~ Yook ah, kalo punya cita menikah 1 ataupun 2 tahun lagi, ataupun dalam waktu dekat ini, dikejar dari sekarang persiapannya. Insyallah dengan persiapan yang matang, pernikahan kita barakah dan menjadi keluarga yang samara :)
 



3 komentar:

  1. yga ini 3jleb minta ampun:
    "masih suka centil,ga?" hahahaha
    thanks untuk tulisan di blog nya ciiips! :)
    p.s.: mau jg doong ikutan mentoring :D

    BalasHapus
  2. aiiiiis thanks for reading hehe. iyaa gue mah semua jleb is :p hayuuk atuuh, kita mentoringnya di bawah asuhan mamah finaah

    BalasHapus
  3. ijin repost di blog gw, kali aja ada calon pelamar yg baca :p

    BalasHapus