Minggu, 13 Juni 2010

Don’t be Sad !

Biarkan masa depan itu hingga dia datang dengan sendirinya, dan jangan terlalu berkepentingan dengan hari esok. Karena jika anda melakukan yang terbaik hari ini, maka hari esok pun juga akan baik.

 

Anda harus berjalan-jalan dan berolahraga. Jauhi kemalasan dan ketidakberdayaan. Tingalkan kekosongan dan pengangguran.

 

Bersyukurlah kepada Tuhan atas nikmat agama, akal, kesehatan, penutup aib, pendengaran, penglihatan, rezeki, keluarga, serta nikamt-nikmat lainnya. Sebab, tidakkah anda tahu bahwa diantara manusia itu ada yang hilang akalnya, terampas kesehatannya, dipenjarakan, dilumpuhkan, atau ditimpakan bencana?

 

Maafkanlah orang yang pernah melakukan kezaliman kepada anda. Sambunglah tali silaturahmi orang yang memutuskan tali silaturahmi dengan anda. Bersabarlah terhadap orang yang berbuat jahat kepada anda, niscaya anda akan memperoleh rasa bahagia dan aman dalam diri anda.

 

Perbanyak istighfar karena dengan istighfar akan ada kemudahan dan kelapangan

 

Terimalah bentuk wajah,bakat, pemasukan, dan keluarga dengan kelegaan hati, niscaya anda akan mendapatkan ketentraman dan kebahagiaan.

 

Ketahuilah, bahwa setelah kesulitan itu ada kemudahan, dan setelah kesulitan itu akan ada jalan keluar. Hari-hari ini senantiasa bergulir, tidak akan statis selamanya.

 

Optimislah, jangan pernah berputus asa dan menyerah tanpa usaha. Berbaik sangkalah kepada Tuhan, dan tunggulah segala kebaikan dan keindahan dari-Nya.

 

Terimalah pilihan Allah untuk anda dengan gembira. Sebab anda tidak tahu tentang kemaslahatan. Bisa jadi kesulitan itu lebih baik daripada kemudahan.

 

Ujian itu akan mendekatkan jarak anda dengan Tuhan, akan mengajarkan diri anda bagaimana berdoa, dan akan menghilangkan kesombongan, ujub, dan rasa bangga dari diri anda.

 

Jadilah orang yang dermawan, sebab orang yang dermawan hatinya akan selalu lapang dan jwanya akan selalu luas. Sedangkan orang yang pelit hatinya pengap dan nuraninya kotor.

 

Tersenyumlah kepada siapa saja, niscaya anda akan mendapatkan cinta kasih mereka. Haluskan tutur kata anda niscaya mereka akan mencintai anda. Dan rendahkan hati kepada mereka niscaya mereka akan menghormati anda.

 

Hadapilah manusia itu apa danya dan maafkanlah apa yang telah mereka lakukan.

 

Maksimalkan bakat yang diberikan kepada diri anda, ilmu yang anda sukai,rezeki yang dikaruniakan kepada diri anda, dan pekerjaan yang cocok untuk anda.

 

Jangan mudah marah, sebab marah hanya akan merusak keadaan jiwa, mengubah perilaku, memperburuk pergaulan, merusak cinta,dan memutuskan tali silaturrahmi

 

Jika tali telah menegang kencang, maka itu tandanya akan putus. Jika malam telah sangat pekat, maka kegelapan itu akan segera pergi. Jika suatu masalah sudah sangat menghimpit, maka itu tandanya akan segera muncul jalan keluar. Dan sesungguhnya satu kesulitan tidak akan pernah mengalahakan dua kemudahan.

 

Jangan mudah marah, tapi jika harus marah, diamlah dan berlindunglah kepada Allah dari setan.

 

Teman-teman yang shalih dan selalu optimis akan sangat membantu meringankan kesulitan-kesulitanyang anda hadapi, dan membukakan pintu harapan. Sedangkan yang pesimis akan mebuat dunia tampak hitam pekat.

 

Andalah yang mewarnai hidup andadengan cara pandang menurut diri sendiri. Artinya,, kehidupan andaadalah ciptaan pikiran anda sendiri. karena itu, jangan menggunakan pandangan orang lain.

 

-

Taken from : La Tahzan, Dr. ‘Aidh al-Qarni

 

 

Kamar 36 Wisma karunia,

Saya-yang tenggelam-terlalu dalam